COMMERCIAL

Minggu, 13 Mei 2012

Cara Install CMS drupal di Localhost

1. Siapkan terlebih dahulu file drupal dan aplikasi xampp yang sudah terinstal.

2. File drupal yang sudah di download diekstrak terlebih dahulu.

3. Masukkan file drupal yang suda di ekstrak sebelumnya, lalu simpan di direktori : (c:\xampp\htdocs) setelah tersimpan lalu rename folder tersebut (bebas) disini “idrupal”.



4. Langkah selanjutnya yaitu membuat database untuk drupal, buka  webbrowser (disini akan menggunakan mozilla), lalu masukkan di address bar (http://localhost/phpmyadmin/)




 5. Lalu pilih tab “Databases”, isi field create new database dengan “idrupal”(sesuaikan nama database dengan nama folder yang sebelumnya dibuat di htdocs) , lalu klik “Create”.


6. Setelah database berhasil di buat, untuk memulai penginstalan drupal buka link (http://localhost/idrupal), maka akan ada pilihan instalasi, disini saya memilih Standard, lalu klik “Save and continue”



7. Lalu muncul pilihan bahasa disini kita akan menggunakan bahasa inggris, lalu klik “Save and continue. (jika ingin menggunakan bahasa lain klik “Learn how to install Drupal in other languanges”.



8. Lalu isi database configurationnya, dan klik “Save and continue”(username :”root”, username untuk database default dari XAMPP, pass: : kosongkan).



9. Installing Drupal. Tnggu hingga selesai.



10. Lalu isi Configuration site form, (isi sesuai keingunan).



11. Drupal instalation complete, situs bisa langsung diakses.





Tampilan akhir






Semoga bermanfaat !





1 komentar: