COMMERCIAL

Minggu, 02 Januari 2011

WIMAX

        
         Kalo ngomongin tentang teknologi pastinya akan semakin berkembang seiring berjalannya waktu, begitu pula dengan teknologi jaringan nirkabel ( teknologi yang penggunaannya tanpa menggunakan kabel). 

Photobucket   Diantaranya adalah WIMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access). WIMAX adalah generasi ke empat (4G) dari teknologi wireless, WIMAX atau lebih dikenal dengan istilah IEEE.802.16.  
   
– IEEE.802.16 tuh apaan sih ?

IEEE.802.16 yaitu standard protokol pada jaringan nirkabel yang dibuat oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) Amerika.

          WIMAX sendiri termasuk dalam kategori wireless MAN (Metropolise Acces Network) karena cakupannya mencapai kurang lebih 50 Km.

          Wimax broadband wireless yang bekerja secara Line Of Sight (LOS) sebesar 134 Mbps dan yang Non LOS sebesar 70 Mbps (O..M..G..)

- Tapi apasih LOS dan Non LOS itu ?

          Pertama yang dimaksud LOS adalah gelombang elektromagnetis yang berjalan dalam garis lurus. Gelombang inin akan berjalan dengan maksimal jika area yang dilewatinya bebas hambatan.

          Kalau Non LOS (Non Line Of sight) adalah gelombang elektromagnetis yang berjalan dalam garis lurus juga, tapi terhalang oleh gedung, bukit dan sebagainya. Sehingga sinyal yang diterima berupa gelombang langsung dan gelomban pantul.

Kelebihan WIMAX :

a.     Kecepatan data lebih cepat dibanding  generasi sebelumnya.

b.     Area cakupan yang begitu luas, mencapai 50 Km (maksimal).

c.      Biaya instalasi cukup murah dan ekonomis karena tidak perlu menebar kabel yang akan memakan waktu cukup lama.

d.     Layanannya dapat melayani para pelanggan yang berada di posisi LOS maupun Non LOS.

Yups ampe sini dulu deh, pegel nih jari. Semoga infonya berguna. CMIIW…  


Sumber : en.wikipedia.org (WiMAX) 

               kulinet.com ( WIMAX)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar